Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Perangkat keras komputer merupakan salah satu diantara dua macam bagian dari sistem komputer. Yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) itu sendiri. Satu Unit komputer kalau kita lihat terdiri dari satu CPU, Monitor dan perangkat input keyboard dan mouse. Apakah hanya itu saja ? Tentu saja tidak. Kali ini kita akan bahas tentang macam – macam perangkat keras komputer besarta funsginya.

Pengertian Perangkat Keras Komputer (Harware)

Sebelum kita mengetahui lebih jauh tentang macam – macamnya. Ada baiknya kita ketahui dulu definisi atau pengertiannya. Perangkat keras komputer adalah komponen dari sistem penyusun sebuah komputer yang berupa benda fisik dan dapat kita sentuh menggunakan tangan. Harware atau perangkat keras terbagi menjadi beberapa kategori menurut fungsinya.

Perangkat masukkan (input), Perangkat pemroses (prosesor), Perangkat Keluaran (Output) dan perangkat yang termasuk ke dalam aksesoris. Perangkat input berfungsi untuk memberikan input data pada komputer seperti memberikan perintah copy file dan lain sebagainya.

Kemudian perangkat pemroses berfungsi untuk mengolah dan memproses data masukkan. Sedangkan perangkat Output berfungsi untuk menghasilkan. Adapun aksesoris berfungsi sebagai perangkat tambahan yang dapat digunakan dengan menyesuaikan kebutuhan dan funginya.

Macam – Macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Nah, sekarang mari kita simak ada beberapa bagian atau nama – nama perangkat keras yang terdapat di dalam komputer kita. Baik itu komputer PC atau laptop.

# Keyboard

Kita bahas mulai dari perangkat komputer input yaitu keyboard. Tentu kita semua mengetahui, keyboard berbentuk sebuah papan dengan banyak tombol berhuruf yang tertata rapi. Selian itu, juga terdapat angka, simbol dan beberapa anak panah serta ada juga tombol yang lainnya. Keboard merupakan salah satu perangkat yang kita gunakan untuk menginputkan perintah berupa hufur, angka, simol, perintah oke “enter”, spasi, delete, arah dan lain sebagainya. Bahkan dengan keyboard kita bisa mematikan komputer.

# Mouse

Dalam bahasa inggris diartikan “tikus”, istilah ini diberikan pada perangkat masukkan yang satu ini karena, sekilas berbentuk menyerupai wujud tikus. Apa fungsi mouse komputer ? Fungsi mouse adalah memberikan perintah klik / Ok / Enter. Opsional (klik kanan), drag (klik kiri tahan) dan beberapa perintah lainnya.

# Motherboard

Nah sekarang kita masuk pada jenis perangkat keras komputer pemroses. Tepatnya bagian dari perangkat tersebut. Motherboard atau sering disebut juga dengan Maindboard. Adalah sebuah papan sirkuit inti yang terdapat dalam sistem CPU komputer kita. Sekilas hampir mirip dengan PJB (Project Board) pada rangkaian elektronik namun lebih kompleks lagi.

Fungsi Motherboard adalah sebagai papan rangkaian inti yang berisi slot – slot komponen lainnya seperti Processor, RAM, Hardiks, Power Supply dan yang lainnya. Semua perangkat komputer akan terpasang dan terhubung pada motherboard ini. Oleh karena itu, perangkat ini disebut dengan Motherboard (papan induk).

# Processor

Selanjutnya, Processor. Sebagian menyebut dengan istilah CPU (central processing unit). Hal ini karena fungsinya adalah sebagai pusat pemrosesan segala perintah yang masuk melalui perangkat input. Ibarat manusia, processor ini adalah otaknya, jadi semakin cerdas processor yang digunakan, maka komputer akan semakin bagus juga performanya.

# RAM (Random Acces Memory)

RAM merupakan kepanjangan dari Random Acces Memory. Adalah sebuah sistem penyimpanan sementara yang terdpat pada komputer. Fungsinya adalah menampung instruksi (perintah) yang kita inputkan sebelum masuk ke dalam sistem pemroses. Namun memory RAM bersifat sementara dan akan hilang ketika komputer telah di shut down

# Hard Disk

Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan data adalah hard disk. Berbeda dengan sifat memory yang ada pada RAM (Random Acces Memory). Hardisk memiliki sifat permanen dalam menyimpan data sehingga apabila tidak ada perintah hapus data akan tetap berada di sini.

Hard Disk berfungsi untuk menyiman semua data yang bersifat media bukan instruksi (perintah) seperti RAM. Termasuk juga sistem operasi komputer, juga tersimpan dan terpasang pada hardisk.

Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang semakin maju, selain Hard Disk Drive (HDD) sekarang juga telah banyak digunakan SSD (Solid State Drive). SSD merupakan generasi baru dari HDD yang mempunyai keunggulan akses yang lebih cepat.

# Power Suply

Hampir lupa, tanpa perangkat keras komputer yang satu ini, anda tidak dapat menggunakan komputer. Power Suply merupakan nyawa dari sebuah komputer yang notebene merupakan perangkat elektronik. Hardware ini berfugnsi untuk memberikan daya kepada seluruh rangkain komputer. Dengan berpusat pada motherboard seluruh daya diatur dan ditrasmisikan menuju seluruh komponen sehingga dapat bekerja sebagaimana mestinya.

# Drive Optik (DVD/ CD Room)

Mungkin bisa kita masukkan pada perangkat aksesoris, namun tidak apa kita bahas di sini. Optical Drive merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk membaca sebuah CD atau DVD sehingga dapat diputar atau dikelola melalui komputer. Untuk yang satu ini, hingga sekarang masih tetap relevan untuk dipakai, meskipun sedikit berkurang karena sudah banyak pengguna Hardisk External atau Flash Memory.

# Kartu Grafis (VGA Card)

Sebenarnya komponen ini sudah terdapat pada Motherboard secara default. Namun yang ada pada motherboard adalah versi standar. Jika anda membutuhkan piksel grafis yang lebih tinggi untuk editing vidio dan foto misalnya. Anda gunakan perangkat keras yang satu ini. VGA Card juga bagus digunakan untuk para gamers yang hobi dengan game – game HD berresolusi tinggi.

# Kartu Suara (Sound Card)

Statusnya sama seprti kartu grafis, pada dasarnya secara default sudah terpasang pada motherboard dengan versi standar. Kartu Suara yang bagus biasanya digunakan untuk kebutuhan editing audio seperti pada studio rekaman, industri perfileman dan lain sejenisnya.

# Monitor

Sekarang kita sudah sampai pada perangkat keras keluaran. Yang pertama dan yang harus kita gunakan yaitu monitor komputer. Monitor berfungsi sebagai display atau menampilkan gambar hasil data yang berupa grafis. Keunggulan gambar dan kejernihannya berkaitan dengan jenis VGA Card yang digunakan. Monitor Komputer terdapat beberapa jenis Tabung, LCD dan LED. Sekarang monitor tabung sudah tidak banyak digunakan lagi karena cukup boros daya yang digunakan.

#Printer

Printer atau mesin pencetak bisa kita sebut sebagai perangkat output atau bisa juga kita masukkan pada kelompok perangkat aksesoris. Fungsi printer adalah untuk mencetak dokumen baik berupa tulisan atau gambar. Untuk dapat menggunakan printer, diperlukan konektifitas dan sebuah driver yang dapat mengkoneksikan antara printer dan komputer sehingga perintah pada printer dapat kita lakukan dari komputer. Ada cukup banyak jenis – jenis printer yang digunakan saat ini, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing.

# Scanner

Statusnya sama seperti printer, yaitu sebagai perangkat aksesoris komputer. Pasalnya tanpa scanner pun komputer sudah dapat kita nyalakan dan berjalan sebagaimana fungsinya. Namun untuk melakukan fungsi lainnya membutuhkan sebuah perangkat tambahan. Scanner contohnya. Perangkat ini memiliki fungsi berkebalikan dengan printer. Yaitu mengubah dokuemn fisik menjadi digital (soft file)

Perangkat keras aksesoris tidak terbtas, selain yang sudha kita sebutkan diatas. Terdapat banyak jenis lainnya yang memiliki fungsinya masing – msing. Contohnya seperti speaker, web cam, microphone dan lain – lain. Perangkat aksesoris termasuk perangkat penduku, dan bukan termasuk perangkat primer.

Itulah pembahasan singkat mengenai perangkat keras komputer dan funsinya besrta gambarnya. Semoga uraian singkat ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang sistem komputer. Sekian, selamat beraktifitas.

Leave a Reply